Kamis, 19 Mei 2016

Pantai-pantai Indah di Kabupaten Garut

Kab. Garut mempunyai sejuta pesona keindahan alam yang dapat membuat orang berdecak kagum bagi yang menyaksikan dan menikmatinya. Kab. Garut Terdiri dari 42 kec yg terbentang dari Limbangan (utara) - Cibalong (selatan); Talegong (Barat) - Malangbong (Timur).
Kawasan utara dan tengah kabupaten Garut terdiri dari gunung-gunung, gunung berapi, bukit dan hamparan sawah datar dan terasering yang ditengahnya membentang sungai Cimanuk. Gn. Cakrabuana, Gn. Kaledong, Gn. Guntur, Gn. Haruman, Gn.Mandalawangi, Gn. Talagabodas, Gn. Karacak, Gn. Kancil, Gn. Cikuray dan Gn. Papandayan.

Kawasan selatannya berbukit-bukit dengan sungai yang berair jernih disela-sela bukit. Sungai Cimari, Sungai Cikandang, sungai Cibaluk, Sungai Cilaki diantaranya yg menyembunyikan sejumlah air terjun. Bentang alam perkebunan, hutan lebat yang berujung di pantai berpasir putih dan karang yang luar biasa indahnya di wilayah selatan yang langsung menghadap samudra Hindia.

Kabupaten Garut memiliki Garis pantai terbentang di 7 kecamatan meliputi kecamatan Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Pakenjeng, Mekarmukti, Bungbulang dan Caringin. berikut pantai-pantai indah di kabupaten Garut yang wajib dikunjungi :

1. Pantai Cijeruk Indah
Pantai yang masih alami dan eksotis keindahannya di kabupaten Garut adalah Pantai Cijeruk Indah. Pantai Cijeruk Indah secara administratif berada di Desa Sagara Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut. Berjarak 108 km dari Garut kota via Cikajang-Pameungpeuk dan Berjarak 18 km dari kota Pameungpeuk ke arah Sancang. Pantai Cijeruk indah airnya bersih, jernih. Pantainya berupa Pasir berwarna kecoklatan dan ada yang berpasir putih didekat hutan sancang. Di pantai ini ada muara sungai Cibaluk yang airnya jernih, biasanya banyak yang memancing. Keunikan pantai ini adalah air jernih sungai cibaluk yang berwarna hijau kecoklatan bertemu dengan air laut yang biru di pantai ini.

2. Pantai Karang Paranje
Pantai karang paranje berada di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Dari Garut kota berjarak kira-kira 100 km via Cikajang-Pameungpeuk. Dari kota Pameungpeuk belok kiri ke arah Sancang berjarak 10 km. Untuk masuk ke pantai ini melewati jembatan yang lebarnya hampir 80 meter (motor bisa masuk). Untuk mobil bisa diparkirkan di lapangan bola. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kehitaman karena mengandung biji besi. Di pantai ini ada Danau alami (muara sungai), Gugusan karang yang indah dan Pesisir pantai yang eksotis membentang panjang. Di gugusan karang ada beberapa saung/Gazeboo. Di gugusan karang bisa menikmati langsung keindahan samudra Hindia, deburan ombak yang menghempaskan karang.
 

3. Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang heulang adalah pantai indah di kabupaten Garut. Pantai ini berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Garut. Berjarak kira-kira 88 km dari Garut kota via Cikajang - Cisompet - Pameungpeuk. Pantai Sayangheulang dari Kota Pameungpeuk kira-kira 4 km. Pantai Sayang Heulang terdiri dari pantai Pasir putih dan pantai karang yang membentang panjang. Ujung pantai karang berupa palung laut, hati-hati jangan sampai mendekati palung laut. Tipe pantai di Garut seperti ini karena langsung menghadap samudra Hindia.



4. Pantai Santolo
Pantai Santolo adalah salah satu pantai yang indah di kabupaten Garut. Salah satu primadona destinasi wisata unggulan kab Garut. Pantai Santolo berada di wilayah Pameungpeuk tepatnya di Kec. Cikelet, Garut. Dari Garut kota jaraknya kira-kira 90 km via Cikajang - Cisompet - Pameungpeuk - Pantai Santolo. Pantai Santolo terdiri dari Pantai Pasir Putih, Sungai Cilauteureun, Pantai Karang dan dermaga di pulau Santolo. Di Pulau Santolo bagian timur ada sebuah jembatan tua dan curuk laut. Jembatan tua ini adalah pemisah dengan Pantai Sayang Heulang. Untuk ke pantai sayang heulang bisa menyusuri pantai karang santolo ke sebelah timur. Curuk laut itu sendiri berada di tengah jembatan yang memanjang sampai ke palung laut. Jika air pasang, air laut akan masuk ke sungai cilauteureun melalui curuk laut dan bawahnya jembatan ini. Cilauteureun adalah Satu-satunya keunikan pantai di Garut bahkan di Indonesia dimana air laut kembali lagi ke sungai. Cilautereun itu kondisi dimana air laut pasang bertemu dengan air sungai dan menyebabkan air itu eureun (berhenti).
  

5. Pantai Manalusu
Salah satu pantai indah di Kab. Garut yang belum terekspose adalah Taman laut pantai Manalusu. Pantai manalusu berada di kec. Cikelet, kurang lebih 12 km dari pantai Santolo. Pantai manalusu lumayan bersih dgn pasir putih yg membentang ke barat, sedangkan di sisi lain pantai karang. Suasana disini sangat sepi, hanya ada beberapa pengunjung yang bermain di pinggir pantai. Di bibir pantai banyak ada yang bersandar perahu nelayan. Untuk masuk ke pantai ini tidak perlu mengeluarkan biaya, gratis. Kondisi pantai yg tidak terawat, bahkan terabaikan oleh pemkab Garut. Ada sisa-sisa dari pembangunan oleh pemkab garut yg sekarang terbengkalai. Padahal pantai ini berpotensi besar buat menjadi primadona destinasi wisata pantai selatan Garut.



6. Pantai Cicalobak
Pantai Cicalobak adalah salah satu pantai indah yang letaknya berada di Kecamatan Mekarmukti, Kab. Garut. Pantai ini berada dipinggir Jalur Trans Jabar Selatan, jalur diantara Pameungpeuk dan Rancabuaya. Pantai Cicalobak berjarak kira-kira hampir 28 km dari Kota Pameungpeuk ke arah Rancabuaya, sebelum Puncak Guha. Dari Garut kota kira-kira 128 km via Cikajang - Pameungpeuk - Cikelet - Cicalobak. Jika menggunakan jalur Bungbulang berjarak kira-kira 85 km dengan Rute Garut kota - Cikajang - Bungbulang - Cijayana - Cicalobak. Pantai Cicalobak merupakan pantai karang di sisi kanan dan kirinya, sedangkan dibagian tengah adalah pantai pasir yang tidak terlalu luas karena merupakan sebuah muara sungai kecil. Pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia, ombaknya besar tapi terhempas karang-karang. Di pantai pasir, bisa buat berenang tapi jangan ke tengah karena ombaknya semakin besar. Di bagian pantai karang pinggir-pinggirnya dirimbuni pepohonan. Di bagian sisi kiri pantai karang terdapat saung.
 




7. Puncak Guha
Puncak Guha secara administratif berada di Desa Sinarjaya kecamatan Bungbulang, Kab. Garut dan dekat kawasan wisata Rancabuaya. Bahkan orang lebih mengenalnya dengan Rancabuaya. Padahal Rancabuaya dibelakang ujung pantai ini disebelah barat. Jarak ke Rancabuaya kira-kira 3 km-an. Puncak Guha berjarak ± 130 km dari Garut kota via Cikajang-Pameungpeuk-Cikelet-Puncak Guha. Bisa menggunakan jalur Bungbulang berjarak ± 90 km dari Garut kota via Cikajang-Bungbulang. Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing yang dibawahnya ada Guha tempat kelelawar hidup yang menghadap langsung ke samudra hindia. Pertama kali menginjakan kaki ditempat ini, suasana begitu enak untuk dinikmati. Ada keheningan dan ketenangan sesampainya di Puncak Guha ini. Lautan yang Luas, Angin laut yang kencang, Pesisir pantai yang Eksotis, tebing yang curam dgn ombak yg besar. Puncak Guha, Garut adalah tempat bertemunya tokoh Keenan dan Kugy dalam bukunya 'Perahu kertas'. Di Puncak Guha tempatnya sepi, cocok bagi mereka yang membutuhkan ketenangan dan cocok u/ melepas penatnya aktifitas sehari-hari. 


8. Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya berada di Desa Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut. Pantai Rancabuaya berjarak ± 135 km dari Garut kota via Cikajang - Cisompet - Pameungpeuk - Cikelet - Cijayana - Puncak Guha - Rancabuaya. Bisa juga menggunakan rute Garut kota via Cikajang - Pakenjeng - Bungbulang - Caringin - Rancabuaya yg jaraknya ± 90 km. Ada rute lain jika start perjalanan dari Kota Bandung bisa via Banjaran - Pangalengan - Talegong - Cisewu - Caringin - Rancabuaya. Pantai Rancabuaya merupakan pantai karang dengan ombak yang lumayan besar. Jika sedang surut, pantai karang Rancabuaya banyak ikan hias yang lucu-lucu terjebak dalam karang. Ada juga pantai pasir putihnya, bibir pantainya bisa buat berenang tapi harus esktra hati-hati karena ombaknya besar. Di tepi pantai banyak bersender kapal perahu nelayan. Diujung Pantai sebelah timur terdapat tebing dan pantai batu-batu yang besar. Di tebing tersebut ada sebuah tempat kayak lobang pemantauan langsung ke Samudra Hindia bekas penjajahan (gak tau bekas penjajahan belanda, gak tau jepang).
Nah itulah sederet Pantai-pantai indah yang dipunya Garut, semoga bermanfaat sebagai pengetahuan maupun rekomendasi buat yang mau liburan dan cari pantai yang indah dan asik buat dikunjungi.. Terima kasih.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar